Minggu, 26 Januari 2014




Ass, kale ini ane akan mempos sesuai judul yg di atas. Langsung aja baca dan simak ya,,,,
1. Melalui proses perdagangan
     Penyebaran Islam di Nusantara melalui saluran perdagangan, artinya pendakwahan itu di samping membawa barang dagangannya, mereka pada sore hari (setelah berjualan) atau di sela - sela waktu senggang di menfaatkan untuk menceritakan hal ihwal tentang agama islam pada masyarakat di mana ia berdagang, walau secara sederhana.
2. Melalui Proses Struktur Sosial
     Pada perkembangan berikitnya, struktur sosial ini dimanfaatkan oleh para ulama  untuk menyebarkan agama islam. Sebab jika raja atau kaum bangsawan sudah lebih dulu masuk islam, maka dengan sendirinya rakyatnya akan mengikuti jejak - jejak para bangsawan/ raja tersebut.
3. Melalui Proses Pengajaran
     Penyeberan Islam melalui pendidikan, dilakukan melalui pesantren², khususnya oleh para kiai.
     Selain cara yg di jelaskan di atas, para pedagang dari Timur Tengah mengemban misi penyebaran agama islam melalui pengajian, yaitu dgn membuka lembaga² pendidikan keagamaan yg selanjutnya dinamakan lembaga pendidikan pesantren.
4. Perkawinan
     Para pedagang muslim banyak yg menikah dengan wanita pribumi. Sebelum perkawinan berlangsung wanita² pribumi itu diminta mengucapkan syahadat (sebagai tanda masuk islam).
5. Tasawuf
     Ajaran atau cara untuk mendekatkan diri kpd tuhan. Ajaran tasawuf banyak di jumpai dalam cerita cerita babat dan hikayat masyarakat setempat.
6. Kesenian
     Penyebaran Agama melalui kesenian Islam antara lain : peninggalan seni bangunan contoh : masjid Demak, Banten, Cirebon, dan Aceh, seni pahat,musik dan sastra. Sebagai contoh bentuk akulturasi bisa kita temui dalam kesenian, sistem pemerintahan, sistem penanggalan, dan teknologi.
Sekian artikel yg saya buat smg bermanfaat.
- jgn lupa like and comment. :D

0 comment:

Posting Komentar