Minggu, 26 Januari 2014

Ass, sobat blogger kali ini saya akan mempos sesuai dgn judul yg ada di atas yaitu PENGARUH ISLAM TERHADAP BANGSA INDONESIA.

     Secara geografis wilayah Indonesia termasuk dalam kawasan Asia Tenggara. Masyarakat di wilayah ini telah memiliki peradaban yg tinggi sebelum kedatangan islam. Hal ini di sebaban wilayah Asia Tenggara merupakan negara yg memiliki kesamaan budaya and agama. Negara di wilayah ini memiliki kontak dengan peradaban bangsa india. Kontak ini tidak hanya dalam peradaban saja tetapi juga meliputi agama dan kepercayaan.
     Islam mempunyai peranan yg penting terutama dalam kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan. Peranan ini dapat kita lihat dari pengaruh islam dalam masyarakat indonesia yg sangat luas. Secara sosiokultural pengaruh islam terhadap peradaban bangsa indonesia dibedakan sebagai berikut.

1. Pengaruh islam dalam adat istiadat di indonesia seperti ucapan kalimat doa ygbdi gunakan dalam rapat akbar, seperti istigasah, kubra, tahlilan, dan ucapan basmalah ketika akan memulai pekerjaan atau suatu acara.

2. Pengaruh islam dalam kesenian antara lain terlihat pada kasidah , nasyid tilawatil qur'an, dan lagu lagu yg bernapaskan islam. Syair yg mengagungkan nama² Allah yg sering didengungkan oleh umat islam di masjid dan mushalah menjadi bukti adanya pengaruh ajaran islam terhadap kehidupan masyarakat indonesia.

3. Bahasa resmi kita yaitu bahasa indonesia. Bayaknya kata² resapan bahasa indonesia berasal dari bahasa Arab. Misalnya wajib yaitu berasal dari bahasa arab yaitu fardu. Dan bayak nama nama orang indonesia dari nama arab seperti : abdullah, muhammad, ahmad, fatimah, aminah dll.

4. Konsep khalifatullah fil ardi pada masa kejayaan Daulah Islamiyah membawa pengaruh pada masa pemerintahan kerjaan islam di Aceh Darussalam dan Kerajaan Islam Mataram.

Sekian ilmu yg dapat saya berikan semoga bermanfaat.
- jgn lupa like and comment.

0 comment:

Posting Komentar